Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

WEBINAR

INDEKS BERITA

Tag Terpopuler

SUBKOGARTAP BOGOR DAN SUBDENPOM HADIR DAN MEMBANTU DLH DAN DISHUB PELAKSANAAN UJI EMISI KENDARAAN PEMDAKAB BOGOR

Rabu, 06 September 2023 | September 06, 2023 WIB Last Updated 2023-09-06T10:25:07Z

BOGOR | Bertempat di Stadion Pakansari di jalan jalur lambat.Kassubgar 0606/Bogor,Dansubdenpom Bogor dan Kaurops Lantas Polres Kabupaten Bogor mendampingi Bupati Kabupaten Bogor Iwan Setiawan melaksanakan giat uji emisi kendaraan plat dinas Pemda  Kabupaten Bogor,Rabu (6/9/2023).

Kasubgar 0606/Bogor Mayor Inf Irwan Suwarna menyampaikan "Kami selalu siap bersama sama Subdenpom dan pihak Polres membatu Pemerintah Daerah dalam mengamankan peraturan kementrian lingkungan hidup No 8 tahun 2023.

Giat uji emisi dapat diartikan sebagai pengecekan untuk mengetahui sejauh mana emisi atau gas buang yang telah dikeluarkan kendaraan bermotor. Kendaraan bermotor di sini adalah sepeda motor, mobil, truk, bus, dan sebagainya. Gas buang dari kendaraan bermotor ini bisa menjadi salah satu sebab polusi udara.

Terdapat sejumlah Kendaraan dinas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor yang tidak lolos uji emisi. Bupati Bogor Iwan Setiawan mengungkapkan dugaan penyebab kendaraan tersebut tak lolos uji emisi.

"Mungkin banyak nih teridentifikasi teman-teman di sini penggunaan pertalite. Ini kan mobil-mobil teman-teman PNS ini diarahkan untuk menggunakan pertamax," kata Iwan kepada wartawan 

"Jadi oktannya lebih tinggi kalau pertamax, kalau pertalite kan rendah, makanya kendaraan yang speknya pembakaran bagus, karena menggunakan pertalite jadi kurang bagus dan dampaknya jadi tidak lolos uji emisi," sambungnya.

Iwan mengimbau kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Bogor untuk mengisi bahan bakar kendaraan dinas dengan pertamax.

"Sekarang dampaknya keliatan setelah uji emisi banyak kendaraan bagus tapi tidak lolos, pas dicek dan tanya sopir, ternyata penggunaan bahan bakar," ungkapnya.

Uji emisi rencananya juga akan dilakukan kepada masyarakat umum dan melibatkan Garnisun,Subdenpom dan Lantas Bogor, Dia tidak ingin uji emisi hanya sebatas seremonial belaka.

"Mungkin nanti juga kita akan membuat pemeriksaan kendaraan umum yang lewat di daerah Cibinong. Mungkin di Pemda akan ada pemeriksaan untuk umum dan contoh untuk seluruh kendaraan milik pemda. Karena kita tidak maulah hanya seremonial, tapi hasilnya tidak terukur, saya tidak mau," sebutnya.

Diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menggelar uji emisi kendaraan dinas di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Target hari ini ada 1.115 kendaraan yang dilakukan uji emisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update