Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

WEBINAR

INDEKS BERITA

Tag Terpopuler

Cegah Paham Radikalisme, Dandim 1007/Banjarmasin Berikan Wasbang di SMA 13 Banjarmasin

Senin, 16 Oktober 2023 | Oktober 16, 2023 WIB Last Updated 2023-10-16T15:00:48Z

BANJARMASIN | Menangkal pengaruh negatif maupun doktrin dari paham-paham radikalisme dan terorisme di kalangan pelajar, Komandan Kodim 1007/Banjarmasin Kolonel Inf Arman Aris Sallo. S.IP., memberikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada siswa SMA 13 Banjarmasin di Kel. Pemurus Dalam Kec. Banjarmasin Selatan Senin, (16/10/23).

Dalam kesempatan itu, Dandim memberikan materi Wasbang terkait dengan implementasi Pancasila dan paham radikalisme kepada ratusan siswa di SMA tersebut.

"Radikalisme adalah paham yang menginginkan perubahan sosial dan politik dengan cara kekerasan dan drastis, dalam perkembangannya radikalisme kemudian diartikan juga faham yang menginginkan perubahan besar secara ekstrim dan radikal cenderung mengunakan kekerasan," jelasnya.

Dandim juga menyampaikan bahwa radikalisme terbagi menjadi 3 macam yaitu Radikal Kiri, Radikal Kanan dan Radikal Lainnya.

“Pengaruh paham radikalisme dan terorisme yang saat ini menjadi suatu ancaman serius bagi bangsa dan negara. Sehingga perlu adanya pemahaman dan menumbuhkan kesadaran dari seluruh komponen bangsa Indonesia akan bahaya tersebut,” ujar Dandim.

Guna meredam hingga mengantisipasi intoleransi yang dapat berkembang menjadi radikalisme tersebut, Dandim pun meminta para siswa SMA 23 Banjarmasin mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila yang sangat penting dilakukan baik di tataran hidup bernegara maupun bermasyarakat.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA 13 Banjarmasin Hj. Nurbaiti, S.H., M.Pd. mengatakan bahwa kegiatan wasbang seperti ini sangatlah penting, sebagai wahana untuk memupuk rasa nasionalisme anak-anak didiknya.

“Kami juga sangat mendukung kegiatan yang dilakukan Kodim 1007/Banjarmasin, sehingga siswa pelajar dapat berpartisipasi dalam membangun bangsa dan menjaga keutuhan NKRI,” ucapnya.

Dalam kegiatan tersebut Dandim 1007/Banjarmasin, Kolonel Inf Arman Aris Sallo, S.I.P., turut didampingi Pgs. Pasi Intel Kodim 1007/Banjarmasin, Mayor Inf Eko Wibowo dan turut dihadiri Kepala Sekolah SMA 13 Banjarmasin Hj. Nurbaiti, S.H., M.Pd., Wakil Kepala Sekolah, para guru dan Staf serta ratusan Siswa SMA3 Banjarmasin.


Pendim 1007/Bjm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update